Monday, November 29, 2010

Serba Serbi Perkembangan Teknologi Komunikasi

Perkembangan Teknologi dan Komunikasi

14. Apa daya tarik dasar menonton acara TV berdasarkan pengalaman kehidupan nyata? Mengapa penonton begitu tertarik dengan itu?
Jawab:.Dapat menghibur seseorang disela-sela kesibukannya. Contoh, ketika menonton acara OVJ( Opera Van Java) orang yang tadinya lelah bekerja acara ini akan sangat membantu setidaknya dapat mengurangi rasa penat setelah disibukan dengan aktifitas-aktifitas seharian. Dalam hal Masyarakat butuh hiburan karena sangat membantu menghilangkan stress atau rasa lelah. Kebiasaan menonton televisi telah menjadi kegiatan keseharian (everyday life).

15. Untuk industri televisi, apa keuntungan ekonomi dari reality show berseri?
Jawab: keuntungannya adalah untuk mendongkrak perolehan rating sehingga omset yang diperoleh perusahaan akan semakin meningkat. stasiun televisi ini dianggap sebagai program untuk mengalihkan perhatian penonton dari realitas keseharian yang berkembang dalam masyarakat seperti kemiskinan, bencana alam, penindasan terhadap perempuan dan sebagainya. Sebagai bagian dari industri hiburan, infotainmen diyakini banyak calon artis mampu mendongkrak popularitas seseorang dalam waktu yang cukup singkat.

16. Apakah Anda setuju dengan Being John Malkovich dan produser REM Michael Stipe bahwa dimasa mendatang manusia mencari sesuatu yang lain dan narasi film Hollywood sedang dalam kondisi sekarat?
Jawab: Menurut saya, itu mungkin saja karena selain menghibur dalam film terkandung fungsi informative maupun edukatif, bahkan persuasive [Buku Pengantar Komunikasi Massa]. Banyak sekali yang dapat ditiru baik itu positif maupun negative, tergantung bagaimana kita dapat menangkap pesan apa yang ingin disampaikan dalam film tersebut.

17. Bagaimana merger menggambarkan kecenderungan menuju konvergensi dalam industry telekomunikasi?
Jawab: Dalam industri jasa telekomunikasi terus mengalami evolusi. Banyak perubahan besar diawali oleh berbagai hal seperti: munculnya teknologi baru, pergantian regim politik, dinamika sosial masyarakat, desakan perluasan atau perubahan preferensi pasar. Dinamika lingkungan eksternal dan internal yang dialami entitas bisnis telekomunikasi pada akhirnya menuntut manajemen dan seluruh personalia untuk mengelola perusahaan secara benar (good governance) [http://www.insteps.or.id/index_m.php?id=141]. Dalam hal ini untuk membuat inovasi, suatu perusahaan perlu bekerja sama dengan perusahaan lain yang mempunyai tujuan sama dan bekerja dalam bidang yang saling berkaitan. Sehinngga dapat memudahkan dan meringankan modal perusahaan.

18. Dalam hal akses internet kecepatan tinggi, apa keuntungan unik dari jaringan kabel? Apa yang masih diinginkan dari jaringan telepon tradisional?
Jawab: Keuntungannya dengan berkembangnya akses dan massa pengguna Internet di Indonesia, memicu perkembangan usaha di atas Internet.
Jaringan telepon secara tradisional dibangun sebagai sistem yang berbentuk hirarki. Pelanggan dihubungkan ke suatu switch atau sentral lokal. Bagian dari jaringan ini disebut disebut jaringan akses. Switch pelanggan dihubungkan ke suatu sentral lokal utama yang kemudian dihubungkan dengan sentral transit. Sentral transit umumnya dihubungkan dengan struktur mesh. Hal ini menunjukan bahwa jaringan telpon tradisional juga masih diperlukan untuk menghubungkan koneksi ini antar sentral transit disebut jaringan transit hirarki. Kemudian ada hubungan antara dua sentral lokal yang berasal dari sentral transit yang berbeda.
[http://www.scribd.com]

19. Apakah realistis untuk berpikir bahwa sebuah perusahaan tunggal akan dapat memberikan suatu "one-stop shop" untuk jarak jauh, TV nirkabel, kabel, dan layanan internet broadband di seluruh bangsa sebagai satu paket dengan tagihan tunggal? Apakah pengaturan tersebut memang diinginkan?
Jawab: Perjuangan di akses Internet terutama akan bertabrakan dengan Telkom & KSO-nya serta pengatur frekuensi di negara ini. Konsekuensinya, beberapa rekan di Koperasi Warnet Bandung (KOWABA), Asosiasi Warnet Surabaya, Jogya, Malang dan beberapa kota lain yang kreatif melalui [asosiasi-warnet@yahoogroups.com] bahu membahu bekerjasama membangun WARNET Broadband karena sangat sulit & mahal sekali menyewa leased line broadband ISDN maupun DSL 1-2Mbps dari Telkom.. Hal ini dapat dilihat dengan perkembangan telekomunikasi yang terjadi saat ini. Ya, karena akan memudahkan kita dalam mengakses segala informasi apa saja [http://blog.math.uny.ac.id/yudhaperwiranurcahyo09/2010/01/06/]

0 comments: